Tiga Rekomendasi Liburan Sekolah Anak yang Menyenangkan

Jakarta – Liburan bersama keluarga adalah momen yang berharga untuk menciptakan kenangan indah sekaligus mempererat hubungan antar anggota keluarga.  

Jika Anda masih bingung dengan destinasi yang ingin dipilih, berikut ini tiga kota rekomendasi yang bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan liburan bersama keluarga Anda, lengkap dengan pilihan kuliner.

1. Malang

Berada di dataran tinggi Jawa Timur, Malang merupakan kota yang sejuk dan nyaman sebagai tujuan wisata. Malang juga memiliki sejarah yang panjang sebagai sebuah kota karena itu tak heran jika banyak sekali peninggalan sejarah dan budaya di kota ini.  

Anda bisa mengunjungi Museum Singhasari, Museum Brawijaya, Museum Old Cinema, atau ke Kawasan Ijen yang merupakan kawasan kota tua.

Untuk memuaskan lidah, jangan ragu untuk mampir ke Warung Sate Gebug 1920 yang terletak di kawasan Klojen. Warung legendaris ini menyediakan potongan daging sapi yang di-gebug (dipukul) sehingga empuk dan dibakar.  Jangan lupa mampir juga ke Rawon Nguling yang masih berada di kawasan Klojen.

2. Lampung

Jika tujuan wisata Anda dan keluarga adalah menjelajahi dan menikmati alam, maka menuju Lampung adalah pilihan yang tepat. Salah satu tempat wisata yang paling banyak diminati wisatawan di Lampung adalah kawasan Taman Nasional Way Kambas.  

Berada di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Taman Nasional Way Kambas merupakan lokasi konservasi, pelatihan, dan perlindungan Gajah Sumatera. 

Di sini pengunjung dapat belajar dan berinteraksi langsung dengan para gajah. Anda juga bisa menyaksikan atraksi lumba-lumba dengan berperahu menyusuri Pantai Kiluan.

Untuk memanjakan lidah, bisa mencicipi Gulai Taboh Iwa Tapa. Bahan utamanya adalah ikan nila atau mujair asap dilumuri dengan santan bercampur bumbu rempah. 

Gulai Taboh Iwa Tapa biasanya disajikan pada perayaan-perayaan khusus seperti lebaran. Salah satu rumah makan yang menyediakan menu ini adalah Restoran Cik-Wo yang berada di kawasan Jalan Kimaja, Bandar Lampung.

3. Bogor

Berjuluk Kota Hujan, Bogor menjadi semacam kota pelepas penat bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin menghabiskan liburan singkat. Makanya tak heran jika di setiap akhir pekan, Kota Bogor selalu macet. 

Salah satu daya tarik Kota Bogor, selain Kebun Raya dan Istana Presiden, adalah sajian kulinernya yang beragam. Sebut saja Laksa Bogor, Toge Goreng, Mie Glosor, Es Buah Pala,  Doclang dan masih banyak lainnya. 

Menariknya, rata-rata kuliner-kuliner tersebut disajikan di tenda-tenda kaki lima. Ada beberapa pusat kuliner yang bisa disinggahi.  Antara lain, kawasan Surya Kencana, Bangbarung, Air Mancur, dan Merdeka.

Pertimbangkan Anggaran

Ya, Anda tidak bisa mengabaikan faktor yang satu ini. Karena akan sangat membantu dalam menentukan tujuan dan akomodasi yang ingin digunakan. 

Jika Anda dan keluarga merencanakan liburan hemat budget namun tidak mengurangi kualitas liburan itu sendiri, maka memanfaatkan promo atau diskon tiket pesawat, kereta, dan hotel akan sangat membantu.

Head of Integrated Communications RedDoorz Indonesia Cut Nany menjelaskan, program  promo #BukaPintuLiburan merupakan bentuk dukungan RedDoorz dalam menyediakan akomodasi penginapan yang nyaman bagi keluarga Indonesia selama musim liburan sekolah. 

“Dari tahun ke tahun, mitra properti RedDoorz dan hotel multi-brand RedDoorz telah menjadi akomodasi penginapan pilihan favorit keluarga dalam menghabiskan masa libur sekolah di tempat tujuan wisata di Indonesia,” jelasnya, dikutip, Kamis, 29 Juni 2023.

Sebagai platform perhotelan dan akomodasi terbesar di Indonesia, RedDoorz memiliki total mitra properti hingga 3.200 yang tersebar di 257 kota. 

RedDoorz juga berkomitmen untuk terus mendukung program pemerintah melalui penyediaan akomodasi terbaik bagi para wisatawan demi menciptakan pengalaman liburan yang menyenangkan bersama keluarga. (*)

Editor: Galih Pratama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *