Hasil Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 58 Diumumkan, Begini Cara Cek Lolos atau Tidak

Jakarta – Program Kartu Prakerja telah mengumumkan hasil seleksi gelombang 58 melalui akun Instagram @prakerja.go.id, Rabu, 2 Agustus 2023.

“Mana nih yang lolos gelombang? Coba absen di kolom komentar! Buat yang belum lolos seleksi jangan khawatir. Kamu bisa bergabung lagi di gelombang seleksi selanjutnya ya Sob pastinya dengan ragam pelatihan yang terus bertambah kedepannya!,” tulis akun @prakerja.go.id, dikutip Kamis, 3 Agustus 2023.

Masih dalam postingan tersebut, peserta yang lolos Kartu Prakerja gelombang 58 diimbau untuk segera membeli pelatihan pertama. Peserta yang lolos hanya diberikan waktu 15 hari untuk membeli pelatihan pertama.  

“Kamu hanya punya waktu 15 hari untuk beli pelatihan pertama. Jika kamu tidak membeli pelatihan sampai 15 hari sejak hari ini (Rabu, 2 Agustus 2023). Maka kartu Prakerjamu akan non-aktif dan kesempatanmu dicabut,” tulis lagi akun tersebut.

Baca juga: Awas Tertipu! Pendaftaran Kartu Prakerja Bukan Dilakukan di RT Masing-Masing, Ini Cara yang Benar

Apabila kepesertaan dicabut, maka saldo pelatihan akan hangus dan dikembalikan ke Rekening Kas Umum Negara (KUN) yang dipegang oleh Bendahara Umum Negara.

Cara Cek Hasil Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 58

Dirangkum dari berbagai sumber, cara mengecek seleksi Kartu Prakerja gelombang 58 bisa mengecek dashboard di laman Kartu Prakerja. Kemudian, login menggunakan akun masing-masing.

Apabila dinyatakan lolos, nomor Kartu Prakerja akan tertera dan muncul status saldo pada dashboard akun.

Sementara bagi yang tidak beruntung atau tidak lolos, akan mendapatkan notifikasi pada dashboard Kartu Prakerja dengan keterangan “Kamu Belum Berhasil”.

Bagi yang dinyatakan lolos Kartu Prakerja gelombang 58, Pelaksana Prakerja juga akan mengirimkan notifikasi melalui SMS kepada peserta.

Notifikasi SMS ini akan dikirimkan ke nomor telepon yang digunakan saat membuat akun. Untuk itu, pastikan nomor yang Anda input ketika mendaftar telah benar dan aktif.

SMS diberikan saat tanggal pengumuman seleksi masing-masing gelombang. Apabila pendaftar mendapatkan pemberitahuan lolos, maka dapat mengikuti langkah selanjutnya sesuai dengan petunjuk yang tertera.

Cara Cairkan Insentif Kartu Prakerja

Bagi para peserta yang lolos Kartu Prakerja gelombang 58, akan mendapatkan bantuan dan intensif berupa biaya pelatihan. Adapun besaran insentif yang akan didapatkan sebesar Rp4,2 juta.

Insentif tersebut didapatkan bisa dicairkan melalui dompet digital atau e-wallet seperti OVO, LinkAja, Gopay dan DANA.

Dikutip dari prakerja.go.id, berikut syarat penarikan insentif Kartu Prakerja :

Pastikan nomor rekening bank dan e-wallet merupakan atas nama Anda sendiri (menggunakan NIK sama dengan NIK yang terdaftar di Kartu Prakerja). Jika memilih e-wallet, pastikan Anda memiliki akun e-wallet (OVO, LinkAja, Gopay, DANA).

Pastikan nomor HP yang teregistrasi di Kartu Prakerja merupakan nomor telepon akun e-wallet/e-money Anda.

Akun e-wallet Anda telah ter-upgrade atau akun e-wallet yang KYC (Know Your Customer) yakni sudah melakukan verifikasi KTP dan swafoto.

Baca juga: Seberapa Efektif Program Kartu Prakerja Tekan Angka Pengangguran?

Setelah memenuhi persyaratan di atas, kemudian Anda dapat menyambungkan e-wallet milik Anda ke akun Prakerja.

Langkah-langkah selanjutnya sebagai berikut :

  1. Melakukan login ke akun Anda di di www.prakerja.go.id
  2. Log in ke dashboard akun Anda.
  3. Pada bagian Rekening, Anda bisa klik ‘Sambungkan Rekening’.
  4. Pilihlah bank atau e-wallet Anda, kemudian klik ‘Sambungkan’.
  5. Pastikan data yang Anda masukkan benar.
  6. Pastikan juga nomor HP yang teregistrasi di akun Kartu Prakerja merupakan nomor telepon e-wallet Anda yang sudah KYC atau e-wallet yang sudah di-upgrade atau premium.
  7. Apabila nomor HP sudah benar,  selanjutnya Anda klik Aktifkan atau Konfirmasi.
  8. Masukkan juga nomor OTP yang sudah dikirimkan via SMS ke nomor HP Anda.
  9. Apabila Anda salah memasukkan OTP lebih dari empat kali, maka Anda harus menunggu dan mencoba kembali setelah satu jam untuk mengirim ulang OTP yang benar.
  10. Tunggu hingga muncul tulisan ‘Rekening Tersambung’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *