Bukukan Premi Rp890 Miliar, Laba BCA Life Melesat 274% di Semester I-2023

Jakarta – PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life), sepanjang Semester I-2023 mencatatkan kinerja keuangan positif dengan membukukan pendapatan premi sebesar Rp890,05 miliar, atau naik 17,85% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Dengan demikian BCA Life pun berhasil mencatatkan laba kotor sebesar Rp49,35 miliar, naik 274% dibandingkan Semester I-2022.

Kualitas aset perseroan juga menunjukkan peningkatan menjadi Rp2,73 triliun, naik signifikan 20,67% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Tak hanya itu, BCA Life juga telah membayarkan klaim dan manfaat sebesar Rp337,92 miliar atau meningkat 14,67%. Selain itu, Perseroan memiliki posisi cadangan teknis yang kuat sebesar Rp1,89 triliun, tumbuh 21,03%.

Christine Setyabudhi, Presiden Direktur & Chief Executive Officer (CEO) BCA Life mengatakan, per Juni 2023, BCA Life mencatat telah memberikan perlindungan kepada 575.005 nasabah. Mempertimbangkan kondisi perekonomian global yang semakin membaik ditambah dengan bonus demografi yang sedang dialami oleh Indonesia, BCA Life optimis dapat terus mencatatkan kinerja positif hingga penghujung tahun 2023.

BCA Life meyakini industri asuransi jiwa akan tetap mengalami pertumbuhan yang cukup baik. Berdasarkan data yang dirilis Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) sampai dengan akhir kuartal I 2023 industri asuransi jiwa telah melindungi 29,74 juta tertanggung perorangan dan 57,80 juta tertanggung kumpulan. Jika dibandingkan dengan pencapaian pada kuartal I-2022, secara keseluruhan terdapat lebih dari 12 juta penambahan tertanggung, atau meningkat sebesar 16,6%.

Baca juga: BCA Life Terus Perkuat Brand di Era Digital

Menurut Christine, berdasarkan data yang dirilis oleh AAJI, industri asuransi jiwa memiliki prospek yang cerah ke depan ditambah lagi dengan bonus demografi yang sedang kita alami.

“Ditengah momentum yang baik ini tentunya menjadi peluang bagi BCA Life untuk semakin meningkatkan layanan terbaik bagi nasabah dan terus berinovasi dengan menyediakan produk dan layanan asuransi jiwa yang dapat memenuhi kebutuhan segmen nasabah yang berbeda-beda melalui berbagai jalur distribusi, sehingga senantiasa dapat memberikan perlindungan kepada lebih banyak masyarakat Indonesia,” ujar Christine dikutip 16 Juli 2023.

Menurutnya, sepanjang Semester I-2023, BCA Life telah menghadirkan beragam terobosan digital untuk semakin dekat dengan nasabah diantaranya dengan meluncurkan one stop life solution application bernama NOW by BCA Life, sebuah aplikasi mobile yang memberikan kemudahan dalam mengakses layanan dan informasi Polis, klaim mudah dan cepat, pembelian asuransi secara langsung serta fitur ActiveNOW untuk menjaga kesehatan jiwa dan mental para penggunanya.

Dari sisi perluasan akses terhadap produk, BCA Life bekerja sama dengan Bank BCA meluncurkan jalur pemasaran asuransi secara digital dengan produk asuransi jiwa yang ditawarkan bernama MyGuard. MyGuard dapat dimiliki dengan 5 paket yang dapat dipilih sesuai kebutuhan nasabah, antara lain MyGuard Accident Care, MyGuard Critical Care, MyGuard Hospital Care dan MyGuard Health Care.

Selain itu juga pada bulan Juli 2023 ini, BCA Life berkolaborasi dengan BCA Digital baru saja meresmikan fitur bluInsurance pada aplikasi blu by BCA Digital yang memberikan kemudahan bagi nasabah blu untuk mendapatkan proteksi masa depan lewat layanan asuransi berpremi terjangkau diantaranya asuransi jiwa berjangka dan asuransi kecelakaan diri dengan produk yang ditawarkan adalah blu Life Guard, blu Accident Guard, blu Life Protection dan blu Accident Protection.

Perjalanan BCA Life untuk menjadi perusahaan asuransi jiwa yang berbasis digital tidaklah mudah. Proses transformasi yang harus dilewati tentunya membutuhkan dukungan penuh dari seluruh pemangku kepentingan.

Baca juga: Hingga Mei 2023, Premi Sektor Asuransi Masih Alami Kontraksi 1,62%

“Kami menyadari bahwa dalam proses transformasi ini tidak dapat memuaskan semua pihak. Namun untuk dapat bertahan di industri, berani berubah sesuai dengan kebutuhan menjadi salah satu kuncinya. Caranya dengan meyakinkan bahwa kami mampu dan berani mewujudkan rencana strategis tersebut, salah satunya dengan membekali sumber daya manusia di BCA Life dengan pelatihan yang akan meningkatkan keahlian, baik secara teknis maupun non teknis,” ucapnya.

Setelah dalam 2 tahun terakhir pada 2022 dan 2021 BCA Life mengajak masyarakat menjaga kesehatan dengan berjalan/berlari, kali ini dalam merayakan hari jadi yang ke-9 BCA Life 

menghadirkan tantangan baru yaitu strength training guna meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh pada ajang virtual walk yang tahun ini bertajuk NOW, Let’s Go Ultima Race 2023. 

Diselenggarakan mulai 16 hingga 31 Juli 2023, melalui event ini BCA Life berupaya mendorong masyarakat Indonesia untuk terus hidup sehat dengan berjalan atau berlari sejauh 9-kilometer dan menyelesaikan tantangan berolahraga pada aplikasi terbaru dari BCA Life, yaitu NOW by BCA Life.

“BCA Life terus berkomitmen untuk mendorong masyarakat dalam mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat dengan berolahraga. Menjaga kesehatan keluarga Indonesia sangat penting bagi kami dan melalui kampanye ini sebagai bukti kepedulian dan apresiasi BCA Life atas kepercayaan nasabah dengan menggelar sebuah event yang seru dan berhadiah ratusan juta rupiah. Badan jadi sehat dengan berolah raga dan mendapatkan iphone 14,” tutup Christine. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *